Friday, July 15, 2011

Resep Kue: Bolu Kukus Pelangi



Setelah kita membahas resep kue basah sarikaya, saatnya kita coba bikin bola kukus pelangi. Kalau bosan menyajikan bolu kukus yang biasa saat arisan atau acara keluarga, coba saja bolu kukus pelangi kreasi saya. Warna-warni yang cantik tak hanya enak dilihat tapi juga disantap. Ssstt.. cara membuatnya juga tak sulit lho!

kue basah


Sebetulnya resep bolu kukus ini sudah pernah aku posting di blog dapur ini, tetapi kali ini aku buat sedikit berbeda.


Beberapa hal yg membuatnya berbeda adalah :
1. warna bolu kukus-nya aku buat warna-warni
2. cairan santan di resep awal aku ganti dengan susu
3. aku mengukus di klakat dengan menggunakan cetakan muffin yg isi 12 dengan menggunakan papercup sebagai alasnya.
Jadi bolu kukus pelangi ini aku tambahin ala rina rinso ;)
Ini resep ala aku.
Bolu Kukus Pelangi
Bahan :
500 gr terigu segitiga biru/serbaguna
400 ml susu cair (UHT Ultra)
375 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdm emulsifier (misalnya TBM, SP, Ovalet, Quick, Starkiest, dll)
1 sdm vanila

Cara membuat :
1. Panaskan dandang/klakat.
2. Campur semua bahan dalam wadah dan kocok selama 25 menit (kemarin aku pakai KA jadi cuma 20 menit aja).
3. Beri pewarna sesuai selera.
4. Tuang ke dalam cetakan muffin dan kukus selama 15 menit.
Dengan resep ini aku mendapatkan 22 buah bolu kukus mekrok.


(eka/eka/detikfood)

info terkait: Kue Basah

No comments:

Post a Comment